Wednesday, February 6, 2008
EXTRAS
Duo Ricky Gervais dan Stephen Merchant adalah tangan-tangan dingin yang berdiri di belakang serial komedi Inggris ternama, The Office. Begitu suksesnya, The Office sendiri dibuatkan versi Amerika-nya yang diperankan oleh comedian Steve Carell dan telah memenangkan beberapa penghargaan. Terakhir adalah Outstanding Ensemble Performance in Comedy Series dalam Screen Actor Guild Award yang baru dilangsungkan akhir Januari lalu.

Kini duo Inggris ini berhasil mengulangi kesuksesannya lewat serial komedi terbaru mereka, Extras. Hujan pujian dari kritikus film telah diterima serial yang tayang di BBC (Inggris) dan HBO (Amerika) ini.

Tajam, berani (sedikit kasar), dan kocak, itulah ciri khas komedi Inggris. Karakter yang diperankan oleh Ricky Gervais adalah Andy Millman, lelaki yang lebih senang dipermalukan dan digaji kecil sebagai figuran daripada kerja kantoran. Tujuan hidupnya sederhana: mendapatkan dialog dalam film-film yang melibatkannya. Berbekal tujuan itu, segala cara pun dilakukannya, meskipun menjengkelkan bagi orang lain.

Penggemar sitcom HBO lainnya, Curb Your Enthusiasm, pasti menemukan kemiripan antara karakter Andy Millman dengan sosok Larry David (tokoh utama dalam Curb Your Enthusiasm). Keduanya digambarkan berpikiran pendek dan senang mengucapkan apa yang ada di pikirannya tanpa mempedulikan apakah orang lain akan tersinggung atau tidak.

Andy memiliki seorang agen (diperankan oleh Stephen Merchant) yang sama sekali tidak membantu seperti layaknya agen artis professional. Jangankan peran bagus, peran-peran yang memiliki dialog saja sulit ia dapatkan untuk Andy. Dengan kombinasi antara aktor yang bebal dan agen yang payah tentunya anda dapat membayangkan betapa pecundangnya kedua tokoh utama Extras ini. Dari situlah munculnya situasi-situasi yang menggelikan. Seakan-akan dua orang pecundang belum cukup menghibur penonton, masih ada satu lagi karakter Extras yang tidak kalah menarik, yaitu Maggie Jacobs (Ashley Jensen), sahabat Andy sesame figuran. Impian gadis ini adalah mencari suami.

Ada
satu hal yang bisa dipastikan mampu menarik penonton untuk menyaksikan sitcom ini. Selayaknya serial komedi lain yang berlatar belakang industri perfilman seperti Entourage atau Curb Your Enthusiasm. Di setiap episodenya, Extras selalu menghadirkan bintang tamu-bintang tamu ternama yang memerankan karakter bernama sama.(dalam versi komikal). Diantaranya adalah Kate Winslet, Ben Stiller, Samuel L. Jackson, Orlando Bloom, Robert De Niro dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang belum terbiasa dengan gaya komedi Inggris non slapstick mungkin akan agak kesulitan mencari dimana letak kelucuannya. Apalagi disini tidak ada tepukan tangan atau suara tawa penonton seperti di kebanyakan sitcom keluaran Amerika sebagai perangsang. Tapi kalau sudah mengikuti dua-tiga episode, dijamin anda akan kepincut dengan komedi khas Inggris yang brilian, sinis dan (sedikit) kasar seperti yang sejak 2 tahun belakangan ini mulai digandrungi oleh publik Amerika.


The Extras are:

Andy Millman (Ricky Gervais)
Andy tadinya hanyalah seorang pegawai bank biasa. Namun, demi mengejar impian menjadi aktor, ia pun rela meninggalkan pekerjaannya untuk menjalani hidup sebagai aktor figuran. Menjadi seorang figuran diantara keberadaan aktor-aktor lain yang lebih sukses membentuknya sebagai seorang pria yang sinis.

Darren Lamb (Stephen Merchant)
Darren Lamb adalah seorang agen yang kurang becus. Itulah sebabnya Andy kerap kali hanya menjadi aktor figuran saja. Taktik negosiasi yang biasa dilakukannya adalah menyetujui apapun yang dikatakan orang lain. Bahkan ia sering menawarkan orang lain yang lebih baik dari Andy untuk sebuah peran. Tapi kalau soal hitung-hitungan komisi, ia jagonya.

Maggie Jacobs (Ashley Jensen)
Maggie adalah sahabat karib Andy sekaligus rekan sesama figuran. Setiap hari yang ada di otak gadis manis ini adalah: mencari pacar. Kebanyakan dari usaha pantang mundurnya dalam mencari pacar malah berujung sial. Selain itu, meskipun baik dan loveable, Maggie mempunyai kecenderungan untuk mengatakan hal yang salah kepada orang yang salah di waktu yang salah sehingga berakibat kekacauan.

Labels:

 
posted by Ronn at 11:39 AM | Permalink |


0 Comments: